Showing posts with label Opini. Show all posts
Showing posts with label Opini. Show all posts

22 June 2017

Varian Produk Inovatif dari Calpico

    12:57 AM   No comments
Salam Hangat dari thewagia. Kali ini thewagia berkesempatan mengedukasi kalian dengan beberapa produk dari PT. Calpis Indonesia. Yups, pastinya sudah akrab dong dengan produk minuman susu fermentasi bermerk Calpico.

sumber : www.calpico.co.id


Sedikit cerita sebelum thewagia nulis artikel ini, sempet deh nanya kepada salah satu sahabat tentang ketahuaannya dia soal produk Calpico, eh dia cuma bilang gini "Calpico ? Hemm.. Tau dong, itu minuman susu anak kecil kan?", Jawab Liya sekaligus nanya balik.

Dikasih pertanyaan malah balik nanya -_-

Oke deh mungkin kalian ada yang sama juga kayak Liya, taunya Calpico itu minuman anak - anak kecil karena bungkusnya yang kecil juga. Hehehe...

Oke deh, thewagia bakal kasih tau nih produk inovatif apa saja yang sudah diluncurkan oleh Calpico.

Hingga artikel ini dimuat, Calpico telah meluncurkan 5 variasi produk sesuai kebutuhanmu. Perlu diketahui juga nih, minuman fermentasi ini sangat baik buat pencernaan lho. Perngolahannya yang bagus akan membuat minuman fermentasi lebih memiliki citarasa unik dan bakal bikin kamu semua ketagihan sama kesegarannya.

sumber : www.calpico.co.id 

Calpico Mini
Kalo Calpico yang ini yang dimaksud Liya tadi deh kayaknya. Ukurannya yang mungkin cocok buat anak - anak. Dengan Ukuran 80 mL, setiap kemasan Calpico Mini mengandung energi 45kkal. Tentunya dengan nol persen lemak ya. Bagi yang tidak suka rasa original, bisa dengan tiga pilihan rasa lainnya, yakni Stroberi - Blackcurrant, Anggung - Blueberry, dan Leci - Mangga.

Calpico Teenz
Nah, khusus deh buat kalangan remaja yang aktif dalam berkegiatan apa aja, mengkonsumsi Calpico Teenz bisa bikin hari kamu lebih menyegarkan ( Iklan Bangetsz, hehehe). Yaps, karena sesuai namanya, anak remaja bisa menikmati Calpico dengan kemasan botol berisi 190mL ini dalam aktifitas apapun. Karena memang minuman fermentasi ini sehat dan bakalan bikin kamu lebih bersemangat karena kesegarannya. Calpico Teenz terdiri dari dua varian rasa Original dan Stroberi.

Calpico Soda
Yang favorit dengan minuman ringan bersoda, Calpico Soda adalah pilhan yang sangat tepat. Dengan empat pilihan rasa, kamu bisa menikmati 320mL minuman ini dalam segala aktifitas kegiatan.

Calpico Frezz
Yang satu ini Calpico Soda dengan kemasan botol 350mL, lebih praktis dan kamu bisa bawa kemana saja. Rasa Original dan Rasa Jeruk akan membuat hari - harimu lebih menyegarkan deh. Apalagi minuman ini nol persen lemaknya, cocok banget dan bakal menyegarkan pokoknya.

Calpico Freeze
Satu ini bakalan jadi favorit setiap orang deh. Dengan kemasan khusus, Calpico Freeze ini bisa disimpan di freezer dan dinikmati pas lagi beku. Yummy dan seger dijamin deh. Apalagi dengan dua varian rasanya, Original dan Stroberi.

Satu lagi yang gak kalah penting informasinya nih. Produk Calpico dijamin halal karena sudah mengantongi sertifikasi dari LPPOM MUI dan juga telah terdaftar ISO 9001. Nah, udah gak ragu lagi deh buat konsumsinya.

sumber : www.calpico.co.id 


Kalau bapak ibu guru ingin mengajak murid kesayangannya buat studi tour ke kawasan pabrik Calpico guna melihat langsung proses produksinya, bisa banget datang dengan mengisi form kunjungan yang bisa di download di websitenya Calpico www.calpico.co.id , pada situs tersebut segala informasi produk dan juga informasi penting lainnya bisa langsung di cek kog.

26 March 2017

Kenalan Yuk dengan Mas Zani, Sang Pujangga dari Bumi Ketapang !!!

    1:26 PM   2 comments
Beberapa waktu lalu, theWagia iseng ikut arisan link dari salah satu grup facebook KomBoNus (Komunitas Blogger Nusantara) yang digagas oleh seorang blogger cantik, thewagia memanggilnya Mbak Elva. Mbak Elva ini termasuk senior dalam hal tulis menulis lho.

Oke, singkat cerita dalam arisan yang diikuti oleh beberapa blogger kali pertama dimenangkan oleh beliaunya yang merupakan pemilik asmirizani.com dan thewagia memanggilnya mas Zani.

Mas Zani ini seorang pujangga dari tanah Ketapang, Kalimantan Barat. Wah, kapan ya bisa ke Kalimantan, siapa tau bisa ketemu mas Zaninya secara langsung. Soalnya nih orang keren banget. Perjalanan hidupnya mengispirasi, juga karya karyanya nih bikin theWagia sendiri penasaran.
home page www.asmirizani.com

Tulisan ini adalah sebuah hadiah dan keharusan dalam ikut arisan link yang dibuat sama Mbak Elva. Karena kali ini mas Zani yang berhak keluar namanya, jadi thewagia wajib membuat artikel review tentang mas Zani, eh blognya mas Zani maksudnya. Namanya juga pengen kenal sama blognya, berarti kudu ngenal orangnya juga kan?

Nah, beberapa waktu lalu mas Zani berhasil terhubung dengan thewagia melalui facebook. Dan singkat cerita thewagia ngobrol melalui chat. Orangnya ramah banget mas Zani ini. Beliau mengucapkan salamdahulu ternyata sebelum di chat sama thewagia. Hihihii...

Mengetahui beliau ini seorang penyair, penulis dan sudah banyak menghasilkan karya tulis bahkan penghargaan atas karya tulisnya, membuat thewagia agak canggung membuat tulisan tentang beliau nih. Maklum, kan thewagia bukan penulis, apalagi punya penghargaan dari karya tulis ( boro - boro deh >_< ). 

Lelaki yang lahir di Desa Banjar, Ketapang ini sudah banyak menumpahkan emosinya melaluikarya, selama tiga tahun berturut - turut dari 2011 hingga 2013, beliau ini membuat karya antalogi puisi dan cerpen. Satu cerpennya yang bikin thewagia penasaran judulnya "Asa dan Perempuan Laut Senja", dari judulnya aja keren, pengen baca sebenernya ( mas Zani kirim lewat email lah cerpennya ! :D ).

Karena dekat dengan hal tulis menulis, mas Zani memutuskan buat nge-blog nih setelah lama gak ngeblog, Padahal mas Zani ini udah punya blog dari tahun 2011, tapi beliaunya baru ngeblog sekitar pertengahan 2016 lalu dan bergabung dengan komunitas Blogger Pontianak yang dikenal dengan Buda' Blogger. Wew, keren nih, gak kalan sama Komunitas BLogger Jakarta komunitasnya. Hehehe...



Oiya mas Zani ini sudah menikah sejak bulan mei 2016 lalu, pernikahannya tergolong masih belum lama ya ! Tapi kata mas Zani istri beliau juga punya minat yang sama dalam hal tulis menulis. Maka dari itu untuk membuat karya mas Zani dan istri saling mendukung dan berbagi. Semoga pernikahannya langgerng mas Zani!!!

Buat yang pengen tau blog mas Zani langsung aja kunjungi www.asmirizani.com dan yang pengen lebih kenal lagi dengan mas Zani, thewagia bagi akun medsosnya ya.

TW : @inizani
FB  : asmirizani 
FP  : asmirizani.com
IG  : Asmirizani_ 

Yang sudah mampir jangan lupa komen di bawah ya, kalo bisa jangan tinggalkan link spam, kalo minta blognya dikunjungi silahkan kontak akun medsos thewagia dan kalian bisa temukan di blog thewagia.id 

29 October 2016

Aku (Bangga menjadi) Satu dari Sejuta Pemuda-Pemudi Indonesia

    12:19 AM   2 comments


Menjadi satu diantara jutaan pemuda-pemudi Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah anugrah kehidupan yang sangat indah dari Allah SWT. Bagaimana tidak? Aku dilahirkan di tanah yang subur dengan kekayaan alamnya, udaranya yang sehat dan segar, lingkungan yang damai jauh dari konflik perang, serta orang-orang yang sangat baik dan saling menyayangi.

Tentu saja ini membuat aku berfikir tentang masa lalu negara ini. Jika harus menengok kebelakang! kini yang tersisa hanya penggalan-penggalan sejarah yang menyisakan sebuah kenangan. Kenangan itu memang tak bisa kita rasakan langsung, tetapi karena kenangan itulah sekarang kita bisa merasakan bebasnya berpendapat, menjalani aktifitas seperti layaknya warga negara di negara – negara besar dan maju.

Perjalanan kemerdekaan NKRI ini memang tak luput dari peran pemuda-pemudi Indonesia yang dulu turut berjuang meraih kemerdekaan RI. Setelah kemerdekaan itu berhasil diraih, sudah sangat sepatutnya kita turut mempertahankannya.

Satu hal yang harus kita ingat sebagai salah satu dari pemuda-pemudi NKRI, yakni Sumpah Pemuda. Bukan harus hafal dengan kalimatnya untuk memaknai Sumpah Pemuda ini. Tetapi, kita harus berusaha bagaimana caranya memaknai arti Sumpah Pemuda dalam kehupan sehari-hari.

Perjalanan para pemuda-pemudi ini tak bisa berhenti disini saja, karena arus globalisasi menuntut kita bukan hanya bersaing di dalam negeri, tetapi benar-benar harus bersaing secara Internasional.

Dan seperti halnya isi dari ikrar “Soempah Pemoeda” pada 28 Oktober 1928 lalu yang berbunyi :

"Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia."


Ini adalah sebuah pernyataan yang seharusnya menjadi landasan para generasi penerus, karena dengan ini semangat kemerdekaan akan menjadikan bangsa ini menjadi Bangsa yang lebih baik mendatang.

19 October 2016

Ribut soal Ahok? Ada Baiknya inget "PANCASILA"!

    1:07 AM   3 comments
ADP bilang "hanya orang TOLOL yang bela AHOK".  Aku hanya bisa membalas dengan senyum waktu liat salah satu tweet seorang musisi yang kini nimbrung di dunia politik itu. Gimana enggak? Dia ini kan musisi hebat, searogan itu dalam berkicau. Untung dia cuma berani ngoceh di twitter. Kata – katanya itu sebaiknya jangan ditiru! Ngutip dari ucapan Ust. Yusuf Mansur “Jangan ditiru ya Nak! Jangan!”, hehe (biar kekininan).

Setelah sebuah berita viral video Ahok yang anggap melakukan pelecehan terhadap Al-Qur’an, setiap kali buka facebook isinya semua cemoohan kepada Ahok. Awalnya kaget juga liat judulnya, langsung buru-buru diklik link youtubenya dan nonton deh. Eh, sampai beberapa kali putar, aku masih bingung dengan tuduhan pelehan terhadap Al-Qur’annya. Nah, esoknya buka facebook lagi (kerjaannya facebook-an ternyata, hehe), ada sebuah status yang ditulis oleh seseorang yang menyimak video viral tersebut. Aku baca dan kemudian nonton videonya lagi di youtube. Aku bilang dalam hati, iya cocok nih tulisan mas anu sama ucapan di video. Dan sampai melihat bacaan kalimatnya aja, aku masih bingung dengan pelecehannya.

Masih di hari yang sama di facebook banyak sekali terjemaah surat Al-Ma’idah dalam bahasa Indonesia di share oleh teman-teman. Sebagai seorang muslim yang mungkin tidak bisa menyamakan diri dengan ulama, aku langsung aja buka Al-Qur’anku dan memastikan yang dishare teman-teman itu benar. Dan ternyata memang sama hasil terjemahannya. Tapi setelah aku baca bacaannya aku ingin memastikan penafsirannya. Baca – baca – baca akhirnya nemu sebuah perdebatan membahas sebuah tentang penafsiran kata Auliya  dalam surat Al-Ma’idah ayat 51 tersebut. Okey, tidak perlu dilanjut yang ini, sampai disini saja, karena memang aku bukan ahli dibidang tafsir-menafsir, Wallahu ‘Alam. Sebaiknya terus membaca! Karena membaca, menimbulkan penasaran, tapi sepertinya kalian sudah tau dulu apa yang akan aku tuliskan. Ya, terserah kalian kalo mau berhenti membaca, tidak apa dan tidak akan dosa.

Ini kata ke tiga ratus enam dan seterusnya, terima kasih sudah mau melanjutkan membaca kata-kata tidak penting ini. Begini, aku cuma mau mengingatkan kalian dengan lambang negara kita, yakni Pancasila. Tentunya kalian tau isi dari Pancasila. Coba sebutkan dari sila pertama hingga kelimanya! Ini tantangan. Kalo kalian gak hafal, ya boleh deh buka google dulu buat nginget kembali isi Pancasila.



Pancasila ini mengadung nilai – nilai demokrasi, maka dari itu negara kita sangat dikenal memegang Paham Demokrasi Pancasila. Kenapa bukan Komunisme? Liberalisme? Nasionalisme? bukan Islamisme? Sosialisme? Bahkan bukan Kapitalisme? Jika kalian telah mengamalkan nilai – nilai yang terkandung dalam butir – butir setiap sila kalian pasti tau jawabannya.

Indonesia menganut paham Demokrasi Pancasila. Ini harusnya kalian pahami betul! Hentikan isu SARA pada pemilu! Pancasila ini dibentuk bukan karena dulu tidak ada orang islam, tidak ada orang kristen, tidak ada orang hindu, budha dan keyakinan lainnya. Dulu mereka memperjuangkan Pancasila atas dasar pencapaikan kemerdekaan. Agar kita merasakan bebasnya berpendapat, agar rakyat tidak hidup dijajah. Bukan karena memihak satu kepentingan. Ingat bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa para pahlawannya!

Berhentilah takut berbeda, karena dari perbedaan kita disatukan?

Jika kalian masih ngeyel dengan yang kalian yakini, itu sudah benar. Tapi setidaknya hindari perdebatan yang memancing perselisihan, ini akan menjadi tidak benar. Setidaknya hargailah perbedaan pendapat. Jika seseorang berbeda penafsiran dan pemahaman ya memang itu seharusnya begitu. Karena kita diciptakan berbeda. Jangan terlalu memaksakan kehendak.

Siapa yang tau kebenaran?

Dalam sebuah politik, konflik ini kadang sengaja ditimbulkan untuk kepentingan tertentu. Sebagai seorang yang biasa saja, aku cuma ingin mengatakan menjadikan seorang Kristen ataupun Hindu dan Budha sebagai Kepala Desa, Bupati, ataupun Gubernur ini sah aja menurut Undang-Undang Dasar. Selama pada masa pencalonan yang bersangkutan sudah memenuhi syarat dan ketentuan perundang-undangan. Nah, sebagai rakyat ya tinggal memilih kredibelitas calon yang mengajukan diri jadi pemimpin daerah.

Apa yang kita harapkan dari seorang pemimpin daerah? Apakah menjadi imam saat sholat? Atau menjadi seorang pendeta di gereja?

Ingatlah sekali lagi negara kita menganut Paham Demokrasi Pancasila. Pancasila sangat menjunjung tinggi nilai – nilai kemanusiaan terkadung didalamnya. Karena pada saat dibuatnya juga ada ulama, petinggi gereja dan semua suku yang sekarang kalian kenal di Indonesia, pokoknya semuanya.

Ingatlah saat kalian belajar di bangku SD dan diminta sama guru kalian mengamalkan nilai-nilai Pancasila! Itu penting karena tidak bisa dipungkiri kita hidup di negara dengan sejuta perbedaan, bahkan lebih.

Sudah itu saja yang ingin aku sampaikan, terima kasih karena kalian telah membaca setidaknya tujuh ratus kata yang lebih ini. Setidaknya kalian telah menghargai setiap tulisan yang tercurah dari dalam hati dan fikiran. Ingat sekali lagi Bhineka Tunggal Ika!

02 May 2016

Merekalah "Sang Guru Besar"

    1:38 PM   No comments


1.  Kyai Haji Mohammad Hasjim Asy'arie "Sang Maha Guru"


Kyai Haji Mohammad Hasjim Asy'arie lahir di Demak,10 April 1875 – meninggal di Jombang, Jawa Timur, pada 25 Juli 1947 dan dimakamkan di Tebu Ireng, Jombang. Beliua merupakan adalah salah seorang Pahlawan Nasional Indonesia yang merupakan pendiri Nahdlatul Ulama, organisasi massa Islam yang terbesar di Indonesia.

Perjuangannya diawali pada tahun 1899, sepulangnya dari Mekah, K.H. Hasjim Asy'ari mendirikan Pesantren Tebu Ireng, yang saat ini menjadi pesantren terbesar dan terpenting di Jawa, terutama di Jawa Timur. Di kalangan Nahdliyin dan ulama pesantren ia terkenal dengan sebutan "Hadratus Syeikh" yang berarti Maha Guru. Ini karena pada tahun 1926, beliiau menjadi salah satu pemrakarsa berdirinya Nadhlatul Ulama (NU), yang berarti kebangkitan ulama.


2. Ki Hadjar Dewantara


Sebelumnya Ki Hajar Dewantara ini bernama lengkap Raden Mas Soewardi Soerjaningrat yang di panggil dengan Soewardi, kelahiran Yogyakarta, 2 Mei 1889 dan meninggal pada 26 April 1959 di Jogja. Sejak tahun 1922, namanya menjadi Ki Hadjar Dewantara atau KHD.

Beliau ini berasal dari lingkungan keluarga Kadipaten Pakualaman, putra dari GPH Soerjaningrat, dan cucu dari Pakualam III. Ia menamatkan pendidikan dasar di ELS (Sekolah Dasar Eropa/Belanda). Kemudian sempat melanjut ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera), tapi tidak sampai tamat karena sakit. Kemudian ia bekerja sebagai penulis dan wartawan di beberapa surat kabar, antara lain, Sediotomo, Midden Java, De Expres, Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer, dan Poesara. Pada masanya, ia tergolong penulis handal. Tulisan-tulisannya komunikatif dan tajam dengan semangat antikolonial.

Salah satu tulisan terkenalnya berjudul "Seandainya Aku Seorang Belanda" (judul asli: "Als ik een Nederlander was"), dimuat dalam surat kabar De Expres pimpinan DD, 13 Juli 1913. Kutipan tulisan tersebut antara lain sebagai berikut.

"Sekiranya aku seorang Belanda, aku tidak akan menyelenggarakan pesta-pesta kemerdekaan di negeri yang telah kita rampas sendiri kemerdekaannya. Sejajar dengan jalan pikiran itu, bukan saja tidak adil, tetapi juga tidak pantas untuk menyuruh si inlander memberikan sumbangan untuk dana perayaan itu. Ide untuk menyelenggaraan perayaan itu saja sudah menghina mereka, dan sekarang kita keruk pula kantongnya. Ayo teruskan saja penghinaan lahir dan batin itu! Kalau aku seorang Belanda, hal yang terutama menyinggung perasaanku dan kawan-kawan sebangsaku ialah kenyataan bahwa inlander diharuskan ikut mengongkosi suatu kegiatan yang tidak ada kepentingan sedikit pun baginya".

KHD merupakan pendiri Perguruan Taman Siswa yang merupakan lembaga pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia ketika masa penjajahan Belanda. Semboyannya yang paling terkenal adalah "Tut Wuri Handayani". Semoboyan ini kemudian menjadi slogan Kementrian Pendidikan Nasional Indonesia hingga saat ini.


3. Kyai Haji Ahmad Dahlan



Nama lahirnya adalah Muhammad Darwis, lahir di Jogja pada 1 Agustus 1868 dan meninggal pada umur 54 tahun. KH. Ahmad Dahlan merupakan putra ke-4 dari tujuh bersaudara dari keluarga K.H. Abu Bakar. KH Abu Bakar adalah seorang ulama dan khatib terkemuka di Masjid Besar Kasultanan Yogyakarta pada masa itu, dan ibu dari K.H. Ahmad Dahlan adalah puteri dari H. Ibrahim yang juga menjabat penghulu Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat pada masa itu.

Ketika berumur 15 tahun, beliau pergi haji dan menetap di Mekah selama kkurun waktu 5 tahun. pada waktu itulah beliau berinteraksi dengan pemikiran-pemikiran pembaharu dalam Islam, seperti Muhammad Abduh, Al-Afghani, Rasyid Ridha dan Ibnu Taimiyah. Sepulang dari Mekah ini, dirinya merubah namanya menjadi Ahmad Dahlan.

Pada tahun 1912, KH. Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadyah di kampun gKauman, Yogyakarta. Beliau ini menikah dengan Siti Walidah, anak Kyai Penghulu Haji Fadhil. Istrinya ini dikenal dengan Nyai Ahmad Dahlan pendiri Aisyiyah.

Berdirinya organisasi Muhammadiyah ini sendiri bertujuan untuk melaksanakan cita-cita pembaruan Islam di bumi Nusantara. Ahmad Dahlan ingin mengadakan suatu pembaruan dalam cara berpikir dan beramal menurut tuntunan agama Islam. la ingin mengajak umat Islam Indonesia untuk kembali hidup menurut tuntunan al-Qur'an dan al-Hadits.

Perkumpulan ini berdiri bertepatan pada tanggal 18 November 1912. Dan sejak awal Dahlan telah menetapkan bahwa Muhammadiyah bukan organisasi politik tetapi bersifat sosial dan bergerak di bidang pendidikan.Gagasan pendirian Muhammadiyah oleh Ahmad Dahlan ini juga mendapatkan resistensi, baik dari keluarga maupun dari masyarakat sekitarnya.

Berbagai fitnahan, tuduhan dan hasutan datang bertubi-tubi kepadanya. la dituduh hendak mendirikan agama baru yang menyalahi agama Islam. Ada yang menuduhnya kyai palsu, karena sudah meniru-niru bangsa Belanda yang Kristen, mengajar di sekolah Belanda, serta bergaul dengan tokoh-tokoh Budi Utomo yang kebanyakan dari golongan priyayi, dan bermacam-macam tuduhan lain. Saat itu Ahmad Dahlan sempat mengajar agama Islam di sekolah OSVIA Magelang, yang merupakan sekolah khusus Belanda untuk anak-anak priyayi. Bahkan ada pula orang yang hendak membunuhnya. Namun ia berteguh hati untuk melanjutkan cita-cita dan perjuangan pembaruan Islam di tanah air bisa mengatasi semua rintangan tersebut.

KH. Ahmad Dahlan ini juga  dikenal sebagai seorang wirausahawan yang cukup berhasil dengan berdagang batik yang saat itu merupakan profesi wiraswasta yang cukup menggejala di masyarakat.


4. Raden Adjeng Kartini


RA. Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879 dan meninggal di Rembang, Jawa Tengah, 17 September 1904. Meninggal di usia muda membuat beliau ini dikenang. Telebih beliau merupakan wanita dengan gagasan yang sangat nasionalis. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

Pandangan-pandangan kritis lain yang diungkapkan Kartini dalam surat-suratnya adalah kritik terhadap agamanya. Ia mempertanyakan mengapa kitab suci harus dilafalkan dan dihafalkan tanpa diwajibkan untuk dipahami. Ia mengungkapkan tentang pandangan bahwa dunia akan lebih damai jika tidak ada agama yang sering menjadi alasan manusia untuk berselisih, terpisah, dan saling menyakiti. "...Agama harus menjaga kita daripada berbuat dosa, tetapi berapa banyaknya dosa diperbuat orang atas nama agama itu..." seperti yang terjadi di Cikeusik (Banten), Bogor dan Temanggung beberapa waktu lalu. Itu merupakan salah satu contoh konkrit dari surat Kartini tersebut. Kartini juga mempertanyakan tentang agama yang dijadikan pembenaran bagi kaum laki-laki untuk berpoligami. Bagi Kartini, lengkap sudah penderitaan perempuan Jawa yang dunianya hanya sebatas tembok rumah.


5. Dewi Sartika


Dewi Sartika dilahirkan di keluarga priyayi Sunda, Nyi Raden Rajapermas dengan Raden Somanagara. Lahir di Bandung, 4 Desember 1884 dan meninggal di Tasikmalaya, 11 September 1947. Meskipun kehidupan sekitarnya masih kuno waktu itu, ayah-ibunya bersikukuh menyekolahkan Dewi Sartika di sekolah Belanda. Setelah ayahnya wafat, Dewi Sartika diasuh oleh pamannya (kakah ibunya) yang menjadi patih di Cicalengka. Oleh pamannya itu, ia mendapatkan pengetahuan mengenai kebudayaan Sunda, sementara wawasan kebudayaan Barat didapatkannya dari seorang nyonya Asisten Residen berkebangsaan Belanda.

Sejak 1902, Dewi Sartika sudah merintis pendidikan bagi kaum perempuan. Di sebuah ruangan kecil, di belakang rumah ibunya di Bandung, Dewi Sartika mengajar di hadapan anggota keluarganya yang perempuan. Merenda, memasak, jahit-menjahit, membaca, menulis dan sebagainya, menjadi materi pelajaran saat itu

Usai berkonsultasi dengan Bupati R.A. Martenagara, pada 16 Januari 1904, Dewi Sartika membuka Sakola Istri (Sekolah Perempuan) pertama se-Hindia-Belanda. Tenaga pengajarnya tiga orang : Dewi Sartika dibantu dua saudara misannya, Ny. Poerwa dan Nyi. Oewid. Murid-murid angkatan pertamanya terdiri dari 20 orang, menggunakan ruangan pendopo kabupaten Bandung.

Setahun kemudian, 1905, sekolahnya menambah kelas, sehingga kemudian pindah ke Jalan Ciguriang, Kebon Cau. Lokasi baru ini dibeli Dewi Sartika dengan uang tabungan pribadinya, serta bantuan dana pribadi dari Bupati Bandung. Lulusan pertama keluar pada tahun 1909, bahasa sunda bisa lebih mememenuhi syarat kelengkapan sekolah formal.

Pada tahun-tahun berikutnya di beberapa wilayah Pasundan bermunculan beberapa Sakolah Istri, terutama yang dikelola oleh perempuan-perempuan Sunda yang memiliki cita-cita yang sama dengan Dewi Sartika. Pada tahun 1912 sudah berdiri sembilan Sakolah Istri di kota-kota kabupaten (setengah dari seluruh kota kabupaten se-Pasundan). Memasuki usia ke-sepuluh, tahun 1914, nama sekolahnya diganti menjadi Sakolah Kautamaan Istri (Sekolah Keutamaan Perempuan). Kota-kota kabupaten wilayah Pasundan yang belum memiliki Sakolah Kautamaan Istri tinggal tiga/empat, semangat ini menyeberang ke Bukittinggi, di mana Sakolah Kautamaan Istri didirikan oleh Encik Rama Saleh. Seluruh wilayah Pasundan lengkap memiliki Sakolah Kautamaan Istri di tiap kota kabupatennya pada tahun 1920, ditambah beberapa yang berdiri di kota kewedanaan.

Bulan September 1929, Dewi Sartika mengadakan peringatan pendirian sekolahnya yang telah berumur 25 tahun, yang kemudian berganti nama menjadi "Sakola Raden Déwi". Atas jasanya dalam bidang ini, Dewi Sartika dianugerahi bintang jasa oleh pemerintah Hindia-Belanda.

01 May 2016

Catatan Kecil untuk film AADC

    9:10 PM   No comments
Kenapa harus film ini yang hangat menjadi perbincangan di masyarakat. Aku sendiri gak begitu tertarik bahkan gak penasaran dengan rilisnya AADC 2. Tapi banyak dari teman - teman yang membicarakan tentang film ini. Oke, aku akan bahas dari sisi netral saja, karena banyak sekali pendapat yang keluar setelah nonton kisah Cinta dan Rangga ini.

Tapi sebelumnya kalian harus tau !

Film berjudul "Ada Apa Dengan Cinta? " ( AADC ) ini pertama kali rilis pada 7 Februari 2002 hasil karya sutradara Rudi Soedjarwo. Dibintanngi oleh Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo, film ini mengankat kisah percintaan antara Rangga dan Cinta yang masih remaja dan menjalani studi di salah satu sekolah SMA di Jakarta. Suksesnya film ini dikatakan merupakan kebangkitan perfilman kala itu setelah kesuksesan film "Petualangan Sherina" pada tahun 2000. Selain itu, tidak hanya di Indonesia, beberapa bioskop besar di Malaysia, Brunei, Filipina dan Singapura juga menayangkan film ini.

Kisah pada film ini menceritakan tentang seorang Cinta yang langganan juara pembuatan puisi yang diadakan setiap tahun di sekolahnya. Namun, pada tahun itu, justru Rangga yang menjadi juaranya. Karena Cinta bersama sahabatnya Carmen yang diperankan Adina Wirasti, Maura yang diperankan Titi Kamal, Milly yang diperankan Sissy Priscillia dan Alya yang diperankan Ladya Cherill merupakan pengurus mading sekolah, dirinya harus memawancarai Rangga.

Di kisahkan memang Cinta adalah seorang remaja yang cantik, sementara seorang Rangga adalah pemuda yang pendiam, penyendiri dan cuek. Pada film AADC ini, adalah pertemuan terakhir Rangga dengan Cinta, karena Rangga akan berangkat ke New York. Meskipun Cinta sudah berusaha mencegah dan menginginkan Rangga membatalkan kepergiannya, Rangga tetap memutuskan untuk pergi. Namun, Rangga memberikan Cinta buku yang pada halaman terakhirnya terdapat puis Rangga yang berjudul "Ada Apa Dengan Cinta?". Dan Rangga berjanji akan kembali di saat bulan Purnama tiba di New York.

Meraih kesuksesan pada tahun 2002, inilah yang membuat Mira Lesmana berantusian memproduseri AADC 2, menggandeng Riri Reza sebagai sutradara, akhirnya AADC 2 pun tayang perdana pada 28 April 2016. Film yang kedua ini lebih mengarah pada percintaan dewasa, disinilah banyak yang berargumen pro dan kontra. Tapi bagaimanapun, karena film ini mengandung rasa penasaran pada kisah antara Cinta dan Rangga, pada hari pertama film inipun meraih sukses luar biasa.

Bagi yang masih mengagumi film ini mereka bilang bagus dan masih penasaran untukk dilanjutkan, sementara tidak sedikit yang kecewa dengan hasilnya karena tidak ada point gregetnya dalam kisah percintaan antara Rangga dengan Cinta pada film ini.

Nah, sekarang bagaimana pendapat kalian dengan film AADC 2 ini?

30 April 2016

Vincent Van Gogh dan Lukisan Ekpresinya

    12:57 PM   No comments

Vincent Van Gogh
Dikalangan pecinta seni lukis, Vincent Van Gogh merupakan sala satu pelukis yang karyanya banyak diincar oleh kolektor. Bahkan hasil karya lukisannya tergolong sangat mahal di dunia. Pelukis kelahiran Belanda 30 Maret 1853 ini mengawali perjalanan seni pada sebuah perusahaan penjual karya seni, namun beberapa waktu dia juga berprofesi sebagai guru. Namun, ia menjadi seorang seniman pada tahun 1880. 

Karyanya ini mulai menarik ketika ia berada di Paris, Perancis. Karena di sana Vincent berjumpa dengan pelukis - pelukis gaya impresionisme dan neo-impresionisme yang menggunakan warna cerah dalam lukisannya, tentunya ini sangat berbeda dengan dirinya yang sebelumnya yang menggunakan warna-warna suram. Terlebih setelah berada di Arles, Perancis, perkembangan hasil karyanya mulai terlihat.

Gaya melukis khas Vincent sendiri adalah ekspresionisme, karena dia merasa impresonisme hanya mengekang gaya berekpresi dia dalam melukis. 

Kisah pilu yag dihadapi Vincent ketika didiagnosa menderita epilepsi oleh dua oang dokter yang merawatnya. Bahkan Van Gogh (panggilan lainnya) juga pernah memotong telinganya sendiri. pada akhir hidupnya Vincent menghabiskan sisa hidupnya di Rumah Sakit jiwa Saint Paul De Mausole di Saint Remy De Provence, Perancis dan tetap melukis.


Beberapa karya van Gogh yang terkenal mahal dan banyak diincar

1. Potrait of Dr. Gachet 1890


Potrait of Dr. Gachet 1890
Lukisan ini memiliki harga 149,4 juta dollar atau setara dengan 1,9 triliun rupiah

2. Potrait of Joseph Roulin 1889


Potrait of Joseph Roulin 1889
Nilai lukisan 114,5 juta dolar atau setara 1,5 triliun rupiah

3. Irises 1889


Irises 1889
Terjual dengan harga 112,3 juta dollar atau setara 1,4 triliun

4. Potrait de I'artiste sans barbe 1889



Potrait de I'artiste sans barbe 1889
nilai lukisan ini 103,8 juta dollar setara dengan 1,3 triliun rupiah

5. A Wheatfield with Cypresses 1889


A Wheatfield with Cypresses 1889
Nilai lukisan 93,4 juta dollar setara 1,2 triliun rupiah

6. Vase with Fifhteen Sunflowers 1888


Vase with Fifhteen Sunflowers 1888
Terjual dengan harga 82,6 juta doalar atau 1,08 triliun rupiah

Sumber : wikipedia.com

24 April 2016

Siapa yang akan menguasai "The Iron Throne"

    4:27 PM   No comments
Game Of Thrones Poster
Drama fantasi berjudul Game of Thrones. Yang merupakan serial televisi drama fantasi Amerika yang dibuat untuk HBO. Film ini dibuat David Benioff dan D. B. Weiss sebagai showrunner dan penulis utama. Serial ini sendiri diadaptasi dari sebuah novel serial fantasi karya George R. R. Martin "A Song of Ice and Fire". Edisi pertama buku ini berjudul "A Game Of Thrones".  
Cuplikan Scene " Game Of Thrones Sesion 6
White Walker
 sebagaiTujuh Kerajaan sebelum penaklukan Targaryen ( Kerajaan independen ) : 1. Kingdom of The North
2. Kingdom of The Vale & Sky
3. Kingdom of Isles & Rivers
4. Kingdom of The Rock
5. Kingdom of The Reach
6. Kingdom of The Stromlands
7. Dorne



Nama - nama pemain Utama dalam Serial Fantas ini, diantanranya : 
1. Peter Dinklage sebagai Tyrion Lannister
2. Nikolaj Coster-Waldau sebagai Jaime Lannister
3. Lena Headey sebagai Cersei Lannister
4. Emilia Clarke sebagai Daenerys Targaryen
5. Kit Harington sebagai  Jon Snow
6. Aidan Gillen sebagai  Petyr Baelish
7. Natalie Dormer sebagai  Margaery Tyrell
8. Diana Rigg sebagai  Olenna Tyrell
9. Liam Cunningham sebagai  Davos Seaworth 
10. Conleth Hill sebagai  Varys
11. John Bradley sebagai  Samwell Tarly 
12. Sophie Turner sebagai  Sansa Stark
13. Maisie Williams sebagai  Arya Stark
14. Isaac Hempstead
15. Wright sebagai  Bran Stark
16. Hannah Murray sebagai  Gilly
17. Jerome Flynn sebagai  Bronn
18. Alfie Allen sebagai  Theon Greyjoy / "Reek"
19. Michiel Huisman sebagai  Daario Naharis
20. Nathalie Emmanuel sebagai Missandei
21. Gwendoline Christie sebagai Brienne of Tarth
22. Kristofer Hivju sebagai  Tormund Giantsbane
23. Tom Wlaschiha sebagai  Jaqen H'ghar
24. Dean-Charles
25. Chapman sebagai  Tommen Baratheon
26. Jonathan Pryce sebagai  the High Sparrow  
27. Michael McElhatton sebagai Roose Bolton
28. Iwan Rheon as Ramsay Bolton
29. Iain Glen sebagai Jorah Mormon
28. Iwan Rheon as Ramsay Bolton
29. Iain Glen sebagai Jorah Mormon 
30. Carice van Gluten sebagai Melisandre 
31. Indira Varma sebagai  Ellaria Sand

Margaery Tyrell ( Games Of Thrones )

Lokasi syutingnya dilakukan di Irlandia UtaraMaltaSkotlandiaKroasiaIslandiaAmerika SerikatSpanyol dan Maroko. Sementara tayang perdana pada 17 April 2011 di Amerika Serikat. Pada bulan April 2014 ini series 6 ditayangkan.

Filmnya sendiri berkisah tentang keberadaan 7 Great Houses yang berada di benia fiksi Westeros & Essos yang saling berebut kekuasaan untuk dapat menduduki tahta besi "The Iron Throne" di ibukota Westeros yaitu King's Landing. Konspirasi, penghianatan, intrik berkepanjangan, peperangan, serta hubungan asmara yang terlarang bahkan mewarnai kisah film ini. 


Westeros senriri merupakan daratan terbesar menjadi tempat cerita ini berlangsung. Di mana bahasa yang digunakan adalah British English. Kisahnya sendiri menarik ketika Joffrey diangkat menjadi raja sepeninggalan ayahnya King Robert Baratheon, di mana dalam upacara namanya disebut dengan "King Joffrey Baratheon, The First of His Name, King of The Andals and The First Men, Lord of The Seven Kingdoms and Protector of The Realm". Masih banyak lagi kata-kata yang menyebut The Seven Kingdoms setiap episode yang ditayangkan.


Apa maksud dari The Seven Kingdoms atau 7 Kerajaan itu? The Seven Kingdoms berasal dari waktu sebelum penaklukan Targaryen terhadap kerajaan-kerajaan di Westeros oleh Aegon I yang merupakan kerajaan independen. Ambisi Aegon I Targaryen untuk menaklukan 7 Kerajaan d Westeros dibawah kendali "The Iron Throne" menjadi kenyataan. 


Dari hasil penaklukan tersebut ada beberapa Keluarga House Besar pada waktu itu jadi punah, namun ada beberapa House Kecil tumbuh menjadi The Great House. Semenjak itu ada 9 wilayah yang dikuasai oleh masing-masing Great Houses namun tetap dibawah kendali "The Iron Throne" oleh keluarga House Targaryen, kemudian terjadi Robert's Rebellion "The Iron Throne" beralih ke keluarga House Baratheon yang saat ini dipegang oleh King Robert Baratheon kemudian dilanjutkan oleh King Joffrey Baratheon.
Pada series akhir episode seri ke-5, kisah yang dimunculkan begitu dramatis. Sehingga para pecintanya dibuat tidak sabar menunggu kemunculan seri ke-6nya. Pada seri ke-6 sendiri memang membuat cerita semakin menarik. Terlebih setelah pada episode pertama yang mencerikan kembali hidupnya seorang Jon Snow setelah mati tertusuk oleh beberapa pedang yang sengaja dihunuskan ke badan oleh orang - orang yang menganggapnya penghianat. 

Tahta Iron sendiri kini sudah mulai diperebutkan. Karena Daenerys, The Mother Of Dragon sudah bersiap menuju Seven Kingdom. Sementara, Jon Snow telah diberi kehormatan sebagai Lord in The North. Kini, Cersei Lannister akan berhadapan dengan keduanya. Karena tahta Iron sudah kehilanganan rajanya.


22 April 2016

Mahakarya Pasir yang Menakjubkan

    3:09 PM   No comments



Sand Sculpture Fest 2016
Membuat mahakarya patung dari pasir dengan ukuran raksasa ini memang bukan kali pertama diadakan di dunia. Tetapi di kota Almaty kali pertama menyelenggarakan festival ini. Negara Kazakhstan tahun ini menjadi pusat pergelaran pameran patung pasir ukuran raksasa yang mempertemukan 12 tim terbaik dunia dalam pembuatan patung. Mereka daru Rusia, Ukraina, Belgia, Jerman, China, dan negara-negara lain. stifal ini mempertemukan 12 tim terbaik pembuat patung yang berasal dari Belgia, Perancis, Kanada, Taiwan, China, Rusia dan negara - negara lain.

Dalam festival kelas Internasional ini, pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai hasil karya raksasa yang terbuat dari pasir seberat 1200 ton. Dengan menampilkan tema "Fantasy Sand", para seniman membuat patung berbagai macam bangunan istana, cerita film, dan lain sebagainya. 

Perlu diketahui juga nih, di Indonesia juga pernah menjadi tuan rumah perhelatan seni patung dari pasir ini. Indonesian Sand Sculture Festival 2011 digelar di Sentul, Jawa Barat. 

Wah, ternyata pasir bisa menjadi karya menakjubkan di tangan para seniman patung ini ya... 








Sumber :
http://www.themalaymailonline.com/gallery/view/amazing-creations-at-the-sand-sculpture-festival-in-kazakhstan
http://www.eng.city-tour.kz/index.php/component/k2/item/259

21 April 2016

Sang Profesor, Wanita Peneliti Nuklir

    11:29 PM   No comments
Dr. Evvy Kartini

Saya sangat tertarik membahas mengenai perempuan berprestasi baik dari Indonesia maupun  Internasional. Meskipun tidak terlibat apapun, saya turut bangga dengan prestasi yang telah diraih Dr. Evvy Kartini, seorang ilmuan Fisika kelahiran Bogor,22 April 1965. Beliau merupakan penemu utama penghantar listrik berbahan gelas dengan teknik hamburan netron. Sebelumnya, Dr. Evvy ini terkenal di kancah internasional sebagai ahli nuklir.

 

Penemuannya ini berawal dari penelitian material gelas saat mendapat kesempatan belajar di Hahn Meitner Institute (HMI) di Berlin, Jerman pada 1990. Dr. Evvy ini dibimbing oleh seorang ahli hamburan neutron Prof. Dr. Ferenc.

Sementara itu, karier penelitiannya ini diawali saat menyelesaikan S2-nya di Universitas Teknik Berlin yang kemudian berhasil menemukan model baru difusi dalam material gelas. 

Selanjutnya penemuannya tersebut dipresentasikan dalam Konferensi Internasional Hamburan Netron (ICNS) Jepang. Dari sanalah ama Evvy mulai tercatat dalam jurnal penelitian internasional bergengsi seperti Physica B pada tahun 1994.
 

 

Rio berjiwa Nasionalis

    12:39 AM   No comments
Rio Haryanto
Kenapa saya katakan dia berjiwa nasionalis? Sebab Rio ini sudah membanggakan Indonesia dengan  menjadi peserta satu-satunya dari Indonesia bahkah pembalap Indonesia pertama yang berhasil masuk ajang balap bergengsi F1.  Untuk menjadi pembalap di ajang F1 ini tidak gampang, selain harus memiliki kemapuan balap di arena "keuangan" juga harus mendukung.

Kog bisa disebut berjuwa Nasionalis? masih belum saya jelaskan memang. Silahkan baca lagi ! Rio ini mengalami perjalanan panjang sebelum mengikuti ajang balap skala Internasional ini. karirnya diawali dengan mengkuti ajang GP2 Series pada 2012 bersama Carlin GP2 Team. Nah, pada tahun itu juga Rio mendapat kesempatan untuk menjajal mobil Formula 1 milik Marussia sebanyak 79 lap pada ajang uji coba pembalap muda di Sirkuit Silverstone, Inggris. Hasilnya, Rio mendapat FIA superlisence yang merupakan syarat wajib dimiliki calon pebalap F1.

Pada tahun 2013, Rio bergabung dengan Addax Team, namun sayangnya Rio mendapatkan hasil yang buruk dengan hanya mampu mendapat poin pada 4 balapan saja. Meskipun demikian, dia sempat meraih podium pertamanya dengan menempati peringkat 2 pada sprint race yang berlangsung di Silverstone, Inggris.
Dan pada 2014, Rio memutuskan untuk pindah Caterham setelah mencatatkan hasil yang memuaskan pada tes di Abu Dhabi, dimana ketika itu dirinya berpasangan dengan Alexander Rossi dari Amerika Serikat.

Di musim 2015, dia bergabung dengan tim Campos Racing. Setelah mendapatkan podium posisi ke-2 di Feature Race dalam seri bahrain, Rio berhasil mendapat kemenangan perdananya di GP2. Kemenangan keduapun didapatnya dalam seri sprint race Austria, meskipun sayap depan mobilnya telah rusak. Rio juga mendapatkan kesempatan untuk menjajal mobil F1 milik Manor pada sesi tes Pascamusim yang diadakan Pirelli pada bulan Desember sebanyak 55 lap dengan catatan waktu terbaik 1:49.593 dan berada pada peringkat 15 dari 16 peserta.

Ulasan diatas memang masih belum menjelaskan kenapa dia berjiwa nasionalis. Sabar ya ! Jadi gini, untuk bisa diterima dalam ajang bergengsi skala internasional formula 1 ini, Rio Haryanto sang pembalap muda ini membutuhkan dana sebesar 15 juta Euro atau sekitar 226 Milyar rupiah. Nah, sebelumnya PT. Pertamina yang telah mensponsori Rio di ajang GP2, berjanji akan memberikan dana sebesar 5 juta Euro. Nah, kurangnya Rio dan menejemennya telah meminta bantuan pemerintah melalui Kemenpora serta berbagai pihak lainnya.

Awalnya dana sekitar 100 milyar ini memang diperdebatkan dan sedikit menghambat perjuangan Rio untuk mengikuti balap ini. Rio sempat mendapatkan tawaran untuk bermain mewakili negara tetangga yakni Malaysia. Bahkan Malaysia siap untuk membiayai segala kebutuhan Rio. Namun, ini ditolak oleh Rio, alasannya dia tidak ingin berjuang untuk negara lain. Wah, inilah yang membuat saya bangga akan sosok Rio. Karena dirinya bangga menjadi Warga Negara Indonesia dan bangga untuk mengibarkan bendera Merah Putih di ajang balap skala Internasional itu.


Setelah menanti keputusan panjang, akhirnya pada tanggal 18 Februari 2016, Tim Manor Racing secara resmi mengumumkan Rio Haryanto menjadi pebalap kedua mereka yang akan mengikuti kejuaraan F1 musim 2016 menemani pebalap asal Jerman, Pascal Wehrlein selama satu musim penuh.




20 April 2016

Kartini di Bulan April

    12:46 AM   1 comment


Raden Ajdeng Kartini



21 April sudah terbiasa diperingati sebagai Hari Kartini. Kenapa? Ini tentunya untuk mengenang perjuangan kaum perempuan pada masa penjajahan dahulu kala. Peringatan hari Kartini ini ditetapkan oleh Bapak Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno pada 2 Mei 1964. Raden Ajeng Kartini (panggilan) ini merupakan tokoh pelopor pergerakan kaum perempuan di Indonesia. Beliau ini meninggal diusia masih sangat muda yakni 25 tahun.


Menggunakan kostum Adat saat peringatan Hari Kartini
Setiap Sekolah memperingati dengan cara berbeda
Suasana upacara peringatan Hari Kartini
Biasanya di tempat penddidikan Taman Kanak-Kanak maupun Sekolah Dasar, peringatan Hari Kartini ini diisi dengan melakukan pawai. Para peserta didik ini biasanya memang berdandan mengenakan pakaian adat ataupun kostum sesuai cita-cita mereka. Ini tentunya untuk mengedukasi pentingnya Hari Kartini.




Raden Ajdeng Kartini ini berasal dari keluarga priyayi atau kelas bangsawan Jawa. Beliau merupakan putri dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, seorang patih yang diangkat menjadi bupati Jepara setelah Kartini lahir. R.A Kartini ini lahir dari rahim sang Ibunda M.A. Ngasirah, putri dari Nyai Haji Siti Aminah dan Kyai Haji Madirono, seorang guru agama di Telukawur, Jepara, yang merupakan istri pertama Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat. 

Ayah Kartini pada mulanya adalah seorang Wedana di Mayong. Peraturan kolonial waktu itu mengharuskan seorang bupati beristerikan seorang bangsawan. Karena M.A. Ngasirah bukanlah bangsawan tinggi, maka ayahnya menikah lagi dengan Raden Adjeng Woerjan (Moerjam), keturunan langsung Raja Madura. Setelah perkawinan itu, maka ayah Kartini diangkat menjadi bupati di Jepara menggantikan kedudukan ayah kandung R.A. Woerjan, yakni R.A.A. Tjitrowikromo.

Hari Kartini inipun ketetapannya masih menjadi pro kontra di kalangan masyarakat. Kenapa? Ini karena masyarakat yang tidak menyetujui beranggapan pemerintah harusnya tidak pilih kasih dalam penetapan hari nasional. Banyak pahlawan perempuan yang berjasa seperti Cut Nyak Dien, Nyi Ahmad Dahlan, Cut Mutia dan lain sebagainya. Ini seharusnya diapresiasi pemerintah. Tapi, pembelaan dari dari yang mendukung penetapan hari Kartini ini mengatakan bahwa Kartini ini pemikirannya lebih nasionalis, memang Kartini tidak pernah angkat senjata dalam perjuangannya. Namun, Kartini ini memiliki pemikiran luar biasa tentang prempuan, terlebih perempuan yang di Jawa. Menurut Kartini, perempuan dulu terbatas tembok rumah dan tidak memiliki kebabsan untuk menuntut ilmu.

Pandangan-pandangan kritis lain yang diungkapkan Kartini dalam surat-suratnya adalah kritik terhadap agamanya. Ia mempertanyakan mengapa kitab suci harus dilafalkan dan dihafalkan tanpa diwajibkan untuk dipahami. Ia mengungkapkan tentang pandangan bahwa dunia akan lebih damai jika tidak ada agama yang sering menjadi alasan manusia untuk berselisih, terpisah, dan saling menyakiti. "...Agama harus menjaga kita daripada berbuat dosa, tetapi berapa banyaknya dosa diperbuat orang atas nama agama itu..." seperti yang terjadi di Cikeusik (Banten), Bogor dan Temanggung beberapa waktu lalu. Itu merupakan salah satu contoh konkrit dari surat Kartini tersebut. Kartini juga mempertanyakan tentang agama yang dijadikan pembenaran bagi kaum laki-laki untuk berpoligami. Bagi Kartini, lengkap sudah penderitaan perempuan Jawa yang dunianya hanya sebatas tembok rumah.

Surat-surat Kartini yang lain juga banyak mengungkap tentang kendala-kendala yang harus dihadapi ketika bercita-cita menjadi perempuan Jawa yang lebih maju. Keinginan Kartini untuk melanjutkan studi, terutama ke Eropa, memang terungkap dalam surat-suratnya. Beberapa sahabat penanya mendukung dan berupaya mewujudkan keinginan Kartini tersebut. Ketika akhirnya Kartini membatalkan keinginan yang hampir terwujud tersebut, terungkap adanya kekecewaan dari sahabat-sahabat penanya. Niat dan rencana untuk belajar ke Belanda tersebut akhirnya beralih ke Betawi saja setelah mendapat nasehat dari Nyonya Abendanon bahwa itulah yang terbaik bagi Kartini dan adiknya Rukmini.


Pada pertengahan tahun 1903 saat berusia 24 tahun, niat untuk melanjutkan studi menjadi guru di Betawi pun pupus. Dalam sebuah surat kepada Nyonya Abendanon, Kartini mengungkap tidak berniat lagi karena ia sudah akan menikah. "...Singkat dan pendek saja, bahwa saya tiada hendak mempergunakan kesempatan itu lagi, karena saya sudah akan kawin..." Padahal saat itu pihak departemen pengajaran Belanda sudah membuka pintu kesempatan bagi Kartini dan Rukmini untuk belajar di Betawi.


Pemikiran Kartini ini juga mengalami perubahan yang amat drastis tentang adat Jawa yang dianggapnya sebagai tembok penghalang. Ia berpikir bahwa pernikahan yang dijalaninya tidak untuk mengakiri semua cita-cita yang diimpikannya. Ia menganggap pernikahan akan membawa keuntungan tersendiri dalam mewujudkan keinginan mendirikan sekolah bagi para perempuan bumiputra kala itu. Dalam surat-suratnya, Kartini menyebutkan bahwa sang suami tidak hanya mendukung keinginannya untuk mengembangkan ukiran Jepara dan sekolah bagi perempuan bumiputra saja, tetapi juga disebutkan agar Kartini dapat menulis sebuah buku. 


Pemikiran-pemikiran Kartini inilah yang seharusnya kita beri penghormatan dalam sejarah kehidupan pada jamannya itu. Karena disisi lain kartini sebagai tokoh pejuang kaum perempuan juga menjadi pemikir yang hebat.



Sumber materi wikipedia.org

19 April 2016

Mereka Sang Milyader Lukisan

    11:00 PM   No comments

Lukisan memang merupakan salah satu karya seni yang paling banyak digemari diantara hasil karya seni lainnya. Bahkan tidak sedikit kolektor lukisan merogoh kantong lebih dalam lagi untuk membeli lukisan meskipun harganya fasntastik mahal. Mahalnya harga lukisan tergantung umur lukisan itu sendiri. Nah, Beberapa pelukis yang akan theWagia tampilkan ini. Inilah para pelukis yang memiliki lukisan dengan harga termahal di dunia. Bahkan ada beberapa pelukis yang menghasilkan tidak hanya satu karya lukisan termahal.

1. Francis Bacon 
Fancis Bacon

Pelukis asal Dublin ini memiliki gaya abstrak dalam menerapkan karyanya. Lukisannya ini masuk dalam jajaan lukisan paling mahal di dunia karena keunikan dan gaya lukisan yang khas ala Francis Bacon. Harga tiga lukisan termahalnya saja jika dijumlahkan kira - kira senilai 300 milyar rupiah.



Three Studies of Lucian Frued (1969)
$144.7 (pada Nov 2013)
Triptych (1976)
$94.8
Three Studies for a Potrait of John Edward (1984)
$80.8
2. Paul Cézanne
Paul Cézanne
Pelukis asal Perancis ini memiliki gaya tersendiri. Ia merupakan pelukis yang menerapkan gaya modern dalam hasil karyanyua. Hasil karyanya sangat terkenal di kalangan kolektor lukisan. Bahkan salah satu karyanya mampu terjual senilai lebih dari 250 milyar rupiah. Wow, fantastis untu nilai satu lukisan.


The Card Players (1892 -1893)
$272


   
Rideau, Cruchin et Compotier 1894
$85,9

  
La Montagne Sainte-Victoire vue du bosquet du Château Noir (1904)
$102

   
3. Willem de Kooning
Willem de Kooning
 Gaya lukisan yang diterapkan dalam hasil karyanya adalah ekpresi abstrak. Lukisannya banyak diincar oleh kolektor lukisan. Sehingga banyak sekali lukisannya yang terjual hingga lebih dari 300 milyar rupiah. Bahkan salah satu lukisannya merupakan lukisan termahal hingga saat ini, yakni senilai 300 milyar rupiah.

   
Interchange (1955)
$300

   
Woman III (1953)
$161,4


Police Gazatte (1955)
$74,5
4. Paul Gauguin
Paul Gauguin
Pada tahun 1873, ia mengawali kegemarannya dalam menciptakan karya seni lukis. Salah satu lukisannya sangat terkenal belakangan karena nilainya mencapai 300 milyar lebih. Lukisan Paul ini memang menangdung makna tertentu sehingga menarik perhatian para kolektornya.

Nafea Faa Ipoipo (When Will You Marry?) 1892
$300 +





© 2014 theWagia. Designed by Blogger
Proudly Powered by Blogger.